Article

Cara Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Cara Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Cara Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Jadwal kuliah yang padat ditambah dengan kegiatan ekstrakulikuler dapat menghabiskan banyak waktu dan menyisakan sedikit waktu luang. Kesibukan yang luar biasa ini belum ditambah dengan waktu berkumpul dengan keluarga, teman dan kolega, kegiatan di kehidupan medis, hobi, serta kesibukan lain. Kesibukan yang cukup padat ini menyebabkan waktu untuk belajar menjadi sedikit. Waktu berjalan begitu cepat, tidak terasa sudah sampai masanya ujian. Kemudian sebagian besar mahasiswa kedokteran akan bingung dan panic karena belum menguasai seluruh materi. Namun tidak perlu panik, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menguasai materi dalam waktu singkat. Beberapa cara ini dapat dilakukan :

Penuhi Kebutuhan Fisiologis

Sebelum memulai belajar, bersihkan diri dan kondisikan tubuh dan lingkungan dalam keadaan nyaman. Namun tidak perlu menata seluruh kamar atau lokasi belajar ya, cukup usaha singkat untuk membersihkan dan membuat lingkungan yang nyaman.

Makan sebelum belajar merupakan hal yang baik, namun harus dilakukan secara hati-hati. Hindari makanan yang terlalu banyak atau tinggi gula serta karbohidrat karena dapat menyebabkan keadaan hiperglikemia dan rasa kantuk. Pilihlah makanan yang tinggi protein seperti daging ayam atau telur. Hindari juga makanan yang dapat menyebabkan distraksi seperti makanan yang dapat menimbulkan alergi, naiknya asam lambung, serta makanan pedas. Makan sebelum belajar memberikan tubuh energi untuk bahan bakar selama belajar dan dapat menurunkan distraksi.

Rasa lapar juga dapat menjadi distraksi. Sebelum belajar dapat disipakan kudapan untuk melawan rasa lapar lebih lanjut. Bawa kudapan ke tempat belajar, dan makan ketika lapar datang.

Siapkan Materi Belajar

Kumpulkan materi belajar dalam waktu singkat. Kemudian pilah materi belajar yang harus lebih dulu dikuasai. Tentu ada materi yang lebih penting/lebih sering muncul di ujian. Tanyakan hal ini ke kakak kelas atau teman yang sudah menjalani ujian yang sama. Namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati karena tidak ada jaminan untuk hal ini. Susun prioritas materi serta mulai pahami sedikit demi sedikit. Sebenarnya Anda sudah memahami isi materi jika Anda mengikuti kuliah, oleh karena itu gunakan waktu ini untuk review materi yang akan keluar ujian. Jika ada materi yang tidak dipahami, carilah di sumber lain. Gunakan jembatan keledai untuk mengingat materi-materi yang sulit. Pahami materi, dan bukan hanya sekedar menghafal. Mulailah dari “gambaran besar” dan pahami masalah yang sedang dibahas.

Sempatkan Tidur

Tidur membuat tubuh dan otak lebih segar dan menyebabkan kita dapat melakukan recall atas materi yang sudah kita pelajari selama satu semester. Tanpa tidur semua usaha belajar akan sia-sia, tubuh akan terlalu lelah dan jenuh sehingga tidak dapat menjawab soal ujian dengan baik.

Akhir kata, sistem kebut semalam bukan sistem yang terbaik untuk belajar. Hindari melakukan hal ini secara terus menerus. Belajar dengan sistem mencicil dan tidak terburu-buru membuat materi lebih mengendap dan materi lebih mudah dipahami. Namun jika sudah terlambat, gunakan cara-cara di atas. Semoga berhasil!

 (RPG)

Penulis : Rizki Nur Rachman, dr.

Sumber

https://www.thoughtco.com/studying-night-before-test-3212056

TOP