Article

Cara Memperkuat Memori untuk Belajar

Cara Memperkuat Memori untuk Belajar

Cara Memperkuat Memori untuk Belajar

Belajar dalam proses menjadi dokter adalah bagian yang vital. Sedangkan untuk mempermudah proses belajar, memori yang baik dapat menjadi alat bantu yang krusial dalam memperoleh kesuksesan sebagai dokter. Namun dengan beban materi serta kesibukan yang padat, para calon dokter/mahasiswa kedokteran menjadi sulit untuk mempelajari materi serta melatih memorinya. Padahal dengan memori yang baik, ilmu kedokteran yang begitu banyak dapat dikuasai dan diingat dalam waktu yang lama.

Berbeda dengan bagian lain dari tubuh, otak merupakan organ yang luar biasa. Otak memiliki kemampuan neuroplasticity yang dapat beradaptasi dalam usia tua dan kondisi penyakit. Otak dapat diasah dalam usia tua sekalipun sehingga dapat menjadi tajam dan mencapai kemampuan yang maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperkuat memori.

‘Olahraga’ Otak

Sebagaiamana bagian tubuh yang lain, otak akan tumpul jika tidak digunakan. Otak perlu ‘olahraga’ untuk tetap segar dan tetap bertumbuh. Ketika kita menjadi dewasa, kita tidak lagi belajar banyak hal sebagaimana saat kita kanak-kanak. Oleh karena itu kita terjebak pada masalah dan solusi yang sama sehingga membuat otak tidak lagi mendapat stimulasi untuk berkembang.

Pertama beri otak tantangan dengan belajar sesuatu yang baru. Belajar ilmu kedokteran juga termasuk dalam ranah ini jika dilakukan dengan antusias. Ilmu baru merupakan ilmu yang asing bagi kita, dan bukan sesuatu yang kita sudah pahami dengan baik sebelumnya. Tantang otak untuk melakukan sesuatu yang sulit yang kita belum mampu melakukan sebelumnya. Contohnya belajar untuk memainkan sebuah lagu sulit dengan gitar.

Olahraga Fisik

Olahraga fisik dapat membantu otak tetap tajam. Pilihlah olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung. Umumnya, jika suatu olahraga baik untuk jantung, maka olahraga tersebut juga baik untuk otak. Olahraga teratur selama 30 menit sehari dan dilakukan minimal 3x seminggu bagus untuk otak dan kesehatan secara umum. Olahraga yang membutuhkan koordinasi mata-tangan merupakan olahraga yang bagus untuk mempertajam fungsi otak.

Tidur Teratur

Untuk otak yang sehat, tidur teratur adalah salah satu penunjangnya. Orang dewasa membutuhkan kurang lebih 8 jam tidur dalam sehari. Tidur dibutuhkan untuk konsolidasi memori, sebuah proses yang membuat proses belajar mengendap dan tahan lebih lama di otak. Konsolidasi memori adalah proses yang membantu kita untuk lebih mudah mengingat materi yang sudah dipelajari dalam sehari. Untuk mendapatkan tidur yang teratur, sebaiknya tentukan jam istirahat yang spesifik. Kemudian hindari mengkonsumsi kopi dan stimulain lain sebelum tidur. Selain itu, hindari menggunakan gadget atau laptop sekitar 1 jam sebelum tidur.

Memori dan proses berpikir adalah “alat perang” untuk dokter dan mahasiswa kedokteran. Mempunyai memori yang baik dapat membuat proses belajar menjadi dokter lebih mudah. Lakukan tips-tips di atas untuk memperbaiki memori dan belajar akan jadi lebih mudah.

(RPG)

Penulis : Rizki Nur Rachman, dr.

Sumber

https://www.helpguide.org/articles/healthy-living/how-to-improve-your-memory.htm

TOP