Article

Menjadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang Baik

Menjadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang Baik

Menjadi Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang Baik

Diterima di fakultas kedokteran adalah mimpi bagi banyak pelajar di seluruh dunia. Melewatinya tentu tidak mudah, membutuhkan waktu yang banyak dan usaha yang begitu keras. Setelah melewati proses yang panjang, kabar baik pun datang. Fakultas kedokteran menerima Anda sebagai salah satu mahasiswanya. Rasa euforia tumbuh sesaat dan Anda mulai merayakan keberhasilan ini. Sah-sah saja memang, namun sebentar lagi tantangan besar menanti di depan. Tantangan tersebut adalah sekolah kedokteran, sebuah batu loncatan untuk karir di bidang medis dan menjadi dokter. Apa-apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menjadi mahasiswa fakultas kedokteran yang baik?

Siapkan Mental

Menjadi dokter adalah long life learning. Persiapkan mental bahwa setelah ini Anda akan belajar seumur hidup. Ilmu kedokteran adalah ilmu yang terus menerus diperbaharui, menandakan ada harus siap untuk terus belajar. Ditambah dengan lama kuliah kedokteran yang kurang lebih sekitar 5 hingga 6 tahun menunjukkan bahwa proses latihan untuk menjadi dokter memakan waktu yang cukup lama. Siapkan mental bahwa ini adalah proses yang panjang.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Penting untuk terus mengenali kelebihan dan kekurangan demi mencapai prestasi maksimal. Begitu juga dengan menjalani kuliah di fakultas kedokteran. Jangan ragu untuk mengikuti tes atau pelatihan untuk mengetahui bakat dan minat. Dengan ini Anda akan lebih mengetahui diri Anda. Setelah tahu, saatnya mempoles kelebihan dan mengurangi kekurangan.

Fokus pada Diri Sendiri

Sudah bukan rahasia umum bahwa fakultas kedokteran diisi oleh berbagai siswa cerdas yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. Ada yang juara olimpiade sains, ada yang juara lomba karya ilmiah,  juara berbagai debat hingga peserta konfrensi dunia. Fokuslah pada diri sendiri dan bukan pada mereka. Dengan berfokus pada diri sendiri, kita dapat mengurangi beban mental yang kita hadapi serta, perjalanan ini kita hadapi sendiri kan?

Carilah Support System

Teman belajar maupun teman bermain sangat penting di perjalanan panjang kuliah kedokteran. Memiliki teman akan sangat membantu menjalani beban studi yang berat. Carilah teman yang memiliki visi dan misi yang sama. Teman yang baik akan selalu memberi dukungan dan bahagia ketika kita sukses. Hindari orang-orang toxic yang justru membuat keadaan mental jatuh.

Belajar

Fakultas kedokteran dan belajar selalu muncul dalam satu kalimat. Untuk menjadi dokter, tentu perlu usaha belajar yang keras. Kenali diri, susun target, dan belajarlah sesuai metode belajar yang disukai. Belajar mutlak diperlukan untuk menjadi dokter. Dokter yang baik adalah dokter yang kompeten, dan mampu melakukan perannya di masyarkaat.

Tersenyum

Nikmati semua perjalanan dalam menjadi dokter. Ingat, hanya sekali Anda akan menjalani kuliah sebagai mahasiswa kedokteran, pengalaman ini tidak akan terulang. Oleh karena itu jalani sebaik mungkin, dan jangan lupa bahagia.

(RPG)

Penulis : Rizki Nur Rachman, dr.

Sumber

https://www.kevinmd.com/blog/2011/06/5-easy-steps-medical-student.html

TOP