Article

Tipe-tipe Belajar

Tipe-tipe Belajar

Tipe-tipe Belajar

Pernah melihat teman yang suka berjalan sambil menghapal? Atau teman yang menggunakan gambar untuk memahami isi materi? Atau teman lain yang suka mendengarkan audiobook untuk belajar? Ciri-ciri tersebut adalah ciri yang membedakan tipe-tipe belajar yang kita sukai. Sistem ini disebut juga sebagai Sistem VAK. Sistem VAK merupakan singkatan dari sistem visual, auditori, dan kinestetik. Sistem ini dikelompokkan oleh berbagai psikolog pada tahun 1920 untuk mempelajari bagaimana cara khalayak umum belajar. Kita secara garis besar juga tidak sepenuhnya menganut satu sistem. Riset menunjukkan bahwa setiap orang memiliki campuran dari masing-masing sistem belajar ini. Mari kita kenali satu – persatu.

  1.  Visual : adalah orang-orang yang paling cepat menyerap ilmu jika diberi bantuan visual berupa gambar, diagram serta tabel.
  2. Auditorik : adalah kelompok orang yang dominan belajar menggunakan bantuan-bantuan suara. Kelompok ini lebih suka mendengarkan podscast atau audiobook. Jika sedang menjalani kuliah, kelompok ini lebih suka mendengarkan dosen dibandingkan melihat slide presentasi.
  3. Kinestetik : adalah kelomopok orang tipe belajar yang doers dan suka melakukan. Tipe orang yang learning by doing, mereka paling cepat belajar jika diajak untuk melakukan sesuatu. Mereka suka belajar jika bisa menyentuh obyek yang dipelajari, dan suka dengan tipe pembelajaran workshop atau hands on.

Setelah mengenali tipe-tipe belajar, saatnya kita menentukan kita termasuk dalam kelompok belajar yang mana. Untuk mengetahui hal ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Caranya adalah dengan menanyakan pada diri masing-masing mengenai beberapa pertanyaan, dan mengevaluasi hasilnya. Beberapa pertanyaan itu adalah :

Bayangkan Anda sedang Marah

Saat marah, kita dalam keadaan yang emosional Dengan itu kita jadi lebih mudah mengenali diri kita sendiri. Bayangkan diri kita saat sedang marah, apa yang kita lakukan?

  1. Jika Anda suka menatap wajah orang yang sedang berseteru dengan Anda, Anda mengarah ke tipe visual
  2. Jika Anda lebih suka menelpon orang tersebut dan menumpahkan kekesalan via telepon, Anda mungkin adalah tipe auditori
  3. Jika Anda lebih suka menggebrak meja dan melempar barang-barang untuk melampiaskan emosi, maka Anda mungkin adalah tipe kinestetik

Bayangkan Anda sedang Tersesat

Saat Anda di situasi yang tidak nyaman seperti tersesat, otak akan mengarahkan Anda ke kondisi belajar paling cepat untuk segera keluar dari ketidaknyamanan. Bayangkan Anda sedang terserat, apa yang Anda lakukan untuk segera menemukan jalan pulang?

  1. Jika Anda segera mencari peta untuk melihat petunjuk arah, Anda adalah tipe visual
  2. Jika Anda bertanya pada orang-orang sekitar untuk menunjukkan Anda arah pulang, maka Anda adalah tipe auditori
  3. Jika Anda memutuskan untuk terus berjalan dan mencari mana jalan yang tepat, Anda adalah tipe kinestetik

Setelah kita mengetahui kita termasuk dalam tipe yang mana, informasi ini dapat kita gunakan untuk membantu kita belajar. Jika Anda tipe visual, gunakan gambar dan diagram untuk memahami materi. Jika Anda tipe auditori, rekam materi kuliah dan dengarkan lagi untuk belajar. Jika Anda tipe kinestetik, belajarlah di laboratorium dan lakukan berbagai eksperimen, serta ikuti workshop dan hands on untuk memerpkaya pengetahuan Anda.

(RPG)

Penulis : Rizki Nur Rachman, dr.

Sumber

https://www.mindtools.com/pages/article/vak-learning-styles.htm

TOP